Membayar Kartu Kredit Ada Strateginya, Ikuti 4 Langkah Ini!

London - Akhir tahun sudah di depan mata. Liburan keliling London sambil berhemat, ternyata bisa banget lho! Cuma pakai satu kartu dan bisa ke mana saja!

detikTravel menjelajah London atas undangan Garuda Indonesia dan British Embassy Jakarta. Kami terbang nonstop Jakarta-London selama 14 jam. Ini diklaim penerbangan tercepat dari Indonesia menuju London.

Kami tiba di Bandara Heathrow, London Sabtu malam lalu (4/11) sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Kami mulai berkeliling kota keesokan harinya. Rencananya kami enam hari di London.

Di London kita bisa menghemat biaya transportasi. Di sini ada banyak transportasi publik yang bisa dijajal. Ada bus, kereta MRT yang dikenal dengan nama tube, kereta tram dan riverboat.

Cara Liburan Hemat di LondonFoto: Erna/detikTravel
Nah kita cukup beli satu kartu yang namanya Oyster. Kartu ajaib ini bisa dipakai untuk beberapa moda transportasi. Karena di sini sistem transportasinya sudah terpadu.

London dibagi menjadi sembilan zona. Zona satu berada di pusat kota, makin besar angkanya artinya makin jauh dari pusat kota. Nah saat membeli oyster card kita harus memperhatikan ke mana aja kita selama di London.

Karena makin luas zona yang akan kita kunjungi, makin mahal harga pulsa Oyster cardnya. Kita bisa melihat zona itu di stasiun saat kita membeli Oyster card.

Kebetulan tujuan kami hanya berada di zona satu dan dua selama enam hari ini. Kami pun membeli oyster dengan sistem travelcard untuk tujuh hari. Ini bayar di muka.

Selama seharian kita bebas pergi ke mana saja dan kapan aja asalkan sesuai zonanya. Nah ada juga sistem kredit atau pay as you go. Kita bisa top up Oyster card ini.

Untuk travelcard tujuh hari, harganya £ 38 atau Rp 676.000. Kalau kita dalam satu hari pergi ke beberapa lokasi, lebih murah dibandingkan dengan membeli top up ketengan. Nah tinggal kita pilih-pilih mana yang lebih murah.

Cara Liburan Hemat di LondonFoto: Erna/detikTravel
Oh iya, Oyster ini bisa di-refund setelah habis masa langganan. Kita bisa mendapatkan £5 atau Rp 89.000. Namun refund hanya bisa dilakukan 1x48 jam dari terakhir kali pemakaian.

Cara pakainya sama seperti kartu e-money di Indonesia. Kita harus tap kartu itu saat akan masuk ke stasiun. Begitu juga saat keluar stasiun. Kartu ini juga bisa kita gunakan untuk transportasi bus. Bedanya hanya melakukan sekali tap yaitu saat masuk bus.

Saat kita memilih tube, perhatikan peta rute tube berdasarkan warna. Kamu bisa mendapatkan peta tersebut di setiap stasiun. Cara gampangnya, kita bisa download aplikasi city maper.

Apps ini sangat memudahkan. Jika kita sudah menentukan tujuan, tinggal ikuti arah jalan kereta yang akan kita naiki. Kalau ragu, jangan segan untuk bertanya, karena ada beberapa tujuan harus diakses dengan berpindah jalur. Selamat berkeliling London!

(bnl/fay)

Sumber

Cara Liburan Hemat di London
Bab II Implementasi Zahir Accounting