Mau Liburan Ke Luwuk? Simak Dulu 5 Tips Ini

Dubai - Dubai memiliki pusat perbelanjaan yang asyik banget dikunjungi. Sebelum berbelanja di sana, ketahui dulu tips berikut ini.

Dubai terkenal dengan pusat perbelanjaannya yang mewah dan terkenal dengan kelas terbaiknya. Segala macam brand ternama bisa traveler temukan di sini. Baik itu busana rancangan desainer ternama, kerajinan tangan buatan lokal, tekstil, pernak-pernik cantik, rempah-rempah beraroma khas atau suvenir liburan, bisa traveler temukan di Dubai.

Dalam rilis Dubai Tourism kepada detikTravel, Senin (11/12/2017), ada beberapa tips yang perlu traveler perhatikan, jika ingin berbelanja di Dubai. Simak ya!

1. Jangan hanya belanja di mall

Selain terdapat pusat perbelanjaan kelas dunia yang terkenal, Dubai menyediakan berbagai pilihan berbelanja dengan berbagai cara yang traveler coba. Dubai mempunyai pasar tradisional, yang dikenal dengan Souks. Sama seperti pasar pada umumnya, traveler bisa tawar-menawar harga barang.

Di pasar ini, traveler bisa menemukan beragam perhiasan yang memikat hati di Gold Souk. Wewangian tradisional di Perfume Souk, ramuan dan rempah-rempah tradisional nan eksotis di Spice Souk juga menanti kedatangan traveler.

Selain itu, Dubai juga memiliki Outlet Bargains. Pasar ini berupa kompleks perbelanjaan seperti The Outlet Village dan Dubai Outlet Mall. Di sini traveler bisa menemukan penawaran diskon di lebih dari 100 merek high-end.

Jika anggaran belanja tidak terlalu besar, Dubai menyediakan pilihan lain yaitu Dragon Mart yang merupakan rumah bagi 4.000 toko perabotan, elektronik, kain, pakaian, alas kaki, mainan, alat tulis, dan bahan bangunan.

Berita baiknya adalah semua ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Pusat perbelanjaan dengan bentuk menyerupai naga ini tersedia bagi pelanggan yang ingin membeli dalam jumlah satuan dan grosir.

Jika ingin berburu barang seni, kunjungi saja Global Village. Pasar ini merupakan pusat hiburan, budaya, dan perbelanjaan yang diadakan satu kali setahun bernama Global Village yang dimulai pada bulan November hingga April. Jadi pasar ini sangat cocok untuk kamu pemburu barang-barang dan cinderamata unik dari seluruh dunia.

2. Kunjungi lebih dari satu toko

Hal ini memberikan traveler kesempatan untuk membandingkan harga retail dan harga pasaran dari produk yang dicari, serta membantu menentukan jumlah yang harus dibayar.

Di samping itu, hal ini juga memungkinkan traveler untuk melakukan interaksi dengan para penjual yang mungkin memiliki variasi produk dengan kualitas lebih baik dan harga lebih murah.

3. Ramah namun tetap tegas

Tersenyumlah dan katakan halo atau marhaba dalam bahasa Arab saat memasuki toko. Selain membantu membangun hubungan baik dengan penjual, hal ini juga membantu kamu dalam mengambil keputusan.

Perlakukan ini sebagai sebuah diskusi terbuka di mana Anda bersedia untuk melakukan kompromi. Selain ungkapan di atas, akherse'er juga berguna, yang artinya, apa harganya bisa kurang?

Semaksimal mungkin, gunakan bahasa yang membantu kamu mendapatkan barang impian. Jika traveler benar-benar menginginkan barang tersebut, mereka akan tahu bahwa kamu bersedia membayar berapapun. Jadi ada baiknya berpura-pura tidak tertarik. Juga, selalu lakukan kontak mata karena hal tersebut mampu membangun kepercayaan.

4. Mulailah menawar dengan harga rendah tanpa menyinggung penjual

Harga akhir biasanya bergantung pada kemampuan tawar-menawar kita. Terutama jika membeli banyak barang, sangat diperbolehkan untuk meminta potongan harga.

Aturan umumnya adalah mulailah menawar hingga setengah harga, dan harga akhir akan berada di tengah harga yang diberikan penjual dan harga yang Anda tawarkan. Bila dilakukan dengan baik, tawar-menawar merupakan sebuah seni-pertanda bahwa traveler merupakan seorang pebisnis cerdas.

5. Bawalah uang tunai

Saat sedang melakukan penawaran, berikanlah uang tunai kepada penjual. Karena penjual akan sulit menolak tawaran kamu. Di saat seperti ini, traveler bisa mendapatkan harga yang lebih menarik lagi.

6. Tanyakan bonus atau minta penawaran

Jika penjual tidak bersedia menurunkan harga, dan traveler sudah berjuang keras, cobalah cara ini. Tanyakan apa bisa mendapat bonus suvenir atau aksesoris.

Para ahli menyarankan hal tersebut mampu menjadi taktik efektif untuk mendapatkan layanan tambahan atau bonus jika membayar dengan harga penuh.

7. Berbelanjalah menjelang toko tutup

Aturan dasarnya adalah lakukan tawar-menawar saat permintaan atas barang tersebut menurun, dan penjual bersiap menutup toko. Itulah waktu yang tepat untuk berbelanja. Atau lakukan aktivitas belanja pada penghujung musim saat produk baru dikeluarkan.

Selain itu, akhir bulan adalah waktu yang efektif untuk berbelanja karena para penjual berusaha memenuhi target sehingga penurunan harga sangat mungkin terjadi. Tips lain yang perlu diingat adalah tunggulah hingga toko sepi karena tidak ada yang mau membuang waktu untuk melakukan tawar-menawar jika ada pelanggan lain yang bersedia membayar dengan harga penuh.

8. Jangan takut tidak mendapatkan barang

Jangan takut meninggalkan toko saat traveler tidak mendapatkan harga yang diinginkan. Gunakan jurus ibu-ibu ini, tinggalkan toko tersebut dan berpura-pura tidak tertarik.

Dengan meninggalkan tempat, meskipun kamu sangat menginginkan barang tersebut, dapat menjadi alat negosiasi yang ampuh. Selain itu, traveler juga bisa kembali lagi ke tempat itu di hari berikutnya jika barang belum terjual.

(sym/krn)

Sumber

Mau Belanja Puas di Dubai? Simak Dulu Tipsnya