Ini Strategi Gus Ipul Mengentaskan Kemiskinan Di Jawa Timur

Merdeka.com - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, selama kepimpinannya menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur mendampingi Gubernur Soekarwo, pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Bahkan, dia mengklaim, mampu menstabilkan ekonomi di atas rata-rata secara nasional.

Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf mengungkapkan, ke depannya dirinya akan berupaya mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur. Karena persoalan kemiskinan di Jawa Timur, secara nasional di atas rata-rata, sekitar 16 persen lebih.

"Sejak saya bersama dengan Pak De Karwo (Gubernur Jawa Timur Soekarwo), sekarang Alhamdulillah tinggal 11,77 persen. Pak Gubernur punya target beberapa tahun ke depan kalau bisa tahun 2019, jumlah angka kemiskinan sudah di bawah 10 persen," katanya di Kantor KPU Jawa Timur, Rabu (10/1).

Dia menilai, persoalan kemiskinan tersebut menjadi persoalan serius yang perlu diatasi bersama. Maka, politisi PKB ini mengungkapkan, harus ada perubahan strategi, penekanan di bidang tertentu agar mampu melakukan pengentasan jumlah angka kemiskinan di Jawa Timur.

Selain itu, Gus Ipul mengatakan, persoalan di bidang pertanian juga harus dibenahi secara luas. Terutama terkait nilai tukar petani yang sampai saat ini belum ideal.

"Maka perlu penanganan yang serius dengan mengikutkan saint dan teknologi agar petani makin sejahtera," ujar dia.

Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno 2018 Merdeka.com/Bruriy Susanto

Untuk dunia industri di Jawa Timur sendiri masih di bawah 5 persen. Maka perlu dilakukan perubahan, dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, selain itu membuka lapangan pekerjaan.

"Dimana anak-anak muda kita dengan semangat optimisme yang luar biasa harus disambut dengan baik oleh pemerintah agar mereka bisa berkreasi," kata Gus Ipul.

Secara terpisah Calon Wakil Gubernur Jawa Timur

Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri menyampaikan, persoalan pembangunan ekonomi yakni sumber daya manusia. Di mana permasalahan tersebut menjadi sangat demi pembangunan Jawa Timur.

Namun, cucu Presiden Pertama Soekarno ini secara tegas mengungkapkan ada yang tidak kalah penting, budaya dan pendidikan. Dalam mengembangkan pertumbuhan, kesejahteraan, dan meraih Jawa Timur lebih bagus, dia mengatakan, maka persoalan pendidikan harus mendapatkan perhatian khusus.

"Saya ingin menitikberatkan pada masalah pendidikan ini juga penting. Tapi kita juga tidak boleh lupa masalah kebudayaan. Karena kebudayaan itu membentuk karakter suatu bangsa dan kita harus juga dimajukan, mengenalkan kebudayaan Jawa Timur," tutupnya.

[fik]

Sumber

Ini strategi Gus Ipul mengentaskan kemiskinan di Jawa Timur
Ekonomi Jatim jadi perhatian Gus Ipul-Puti
Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno Siap Jaga Kestabilan Ekonomi Jatim
Usai Daftar Pilgub, Gus Ipul Soroti Soal Ini