Hadiahkan Anak Kartu Kredit? Perhatikan Hal Ini

Suara.com - Tidak bisa dihindari jika di era ini gaya hidup masyarakat sudah sangat berbeda dari 5-10 tahun yang lalu. Hedonisme adalah gaya hidup yang sering sekali dimiliki masyarakat Indonesia.

Mulai dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa.

Hal ini menyebabkan banyak sekali kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Mulai dari fashion, gadget, transportasi, dan lain sebagainya.

Kartu kredit juga kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di Indonesia. Sayangnya, tidak semua pemegang kartu ajaib ini mampu untuk memanfaatkannya dengan baik. Banyak sekali orang yang merasa kewalahan dengan kartu kreditnya sendiri.

Namun, kembali lagi kepada individu yang menggunakannya.

Untuk Anda yang saat ini menggunakan kartu kredit dan memiliki banyak tagihan yang sebelumnya tidak disadari, inilah sebab-sebab mengapa tagihan kartu kredit Anda membengkak.

1.Belanja Barang-Barang Mahal

Kartu kredit memang bagaikan kartu ajaib yang bisa digunakan untuk membeli atau mendapatkan apa pun yang diinginkan. Bahkan, kartu kredit dapat Anda gunakan untuk membeli barang dengan harga yang awalnya tidak terjangkau menjadi terjangkau dengan menggunakan kartu kredit.

Hal inilah yang membuat Anda merasa gampang dalam mendapatkan sesuatu. Karena itu, tagihan kartu kredit pun menjadi membengkak dan membuat Anda memiliki beban keuangan yang besar.

2.Belanja Tanpa Rencana

Tahukah Anda jika tagihan bisa membengkak karena seringnya mengikuti nafsu belanja. Jika Anda seorang shopaholic atau lebih tepatnya orang yang konsumtif, ada baiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut. Sebab kebiasaan konsumtif bisa menyusahkan diri Anda sendiri nantinya.

Perasaan berlebihan saat belanja lebih sering terjadi pada wanita. Hanya karena barangnya tampak lucu, seorang wanita bisa rela mengeluarkan uang dari dompetnya. Segala pengeluaran baru bisa terlihat dan terasa ketika sudah berada di akhir bulan.  

Dari akhir bulan inilah, rasa menyesal karena membeli barang tersebut akan muncul bersamaan dengan tagihan yang harus Anda bayar.

3.Belanja Tanpa Perhatikan Limit

Besarnya limit kartu kredit sering membuat pemiliknya merasa tergoda dan menggunakannya sebagai salah satu jalan keluar untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Namun, tidak banyak pemilik kartu kredit yang bisa bijak dalam menggunakannya.

Mereka menggunakan kartu ajaib ini untuk mendapatkan apa pun yang awalnya tidak terjangkau menjadi sangat mudah untuk dijangkau. Hal inilah yang membuat banyak pemilik kartu kredit merasa menyesal ketika sudah melihat tagihan kartu kredit.

4.Tidak Mencatat Apa Saja yang Sudah Dibeli

Keseringan belanja bisa membuat Anda lupa dalam mencatat apa saja barang yang sudah Anda beli dan berapa uang yang sudah dikeluarkan. Bahkan, lebih parahnya lagi adalah belanja menggunakan kartu kredit dan tidak mencatat pengeluaran. Jika Anda merasa pernah melakukan hal tersebut, ada baiknya perbaiki kebiasaan buruk tersebut.

Jika Anda tidak bisa membukukan apa saja pengeluaran, alangkah baiknya simpanlah struk belanjaan dengan rapi agar nantinya lebih mudah untuk dikontrol. Kumpulkan struk dalam satu minggu atau satu bulan. Jangan membuang struk dengan total belanja sekecil apa pun.

5.Meremehkan Tagihan Kartu Kredit

Salah satu hal yang sering dilakukan pemegang kartu kredit adalah meremehkan jumlah tagihan kartu kredit. Hal ini dapat menyebabkan membengkaknya tagihan Anda. Bahkan, penyesalan bisa saja datang di akhir bulan.

Ada baiknya jika Anda memilah mana barang yang memang Anda perlukan dan harus dibeli dengan kartu kredit dan mana barang yang tidak seharusnya dibeli dengan menggunakan kartu kredit.  Jangn meremehkan tagihan kartu kredit. Sebab hal tersebut bisa menjadi masalah yang besar dan menjadi beban keuangan bagi Anda.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Peluang Usaha untuk Kamu yang Hobi Seni

Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua Usia 70 tahun

Pakai Kartu Kredit untuk Tambahan Modal Bisnis? Perhatikan Hal Berikut

Sumber

5 Sebab Mengapa Tagihan Kartu Kredit Membengkak