Ciri Wanita Yang Tahu Mengatur Keuangannya

Beberapa waktu lalu seorang teman memperingatkan saya tentang bahaya gula dalam makanan yang saya buat. Hal ini bukan pertama kali saya dengar tentang bahaya gula ini, terutama setelah trend diet keto, dimana beberapa orang yang saya kenal secara ekstrim sama sekali tidak mau mengkonsumsi gula. 

Hal itu membuat saya bertanya-tanya, "Kok sampai segitunya ya, apakah bener gula itu bahaya banget ?" 

Pertanyaan tersebut membuat saya rajin mencari berbagai info tentang manfaat dan juga bahaya gula. Karena saya percaya bahwa tidak mungkin manusia sama sekali tidak mengkonsumsi gula.  Berikut 3 fakta tentang gula yang harus kamu tahu:

1# Ada dua golongan gula

Ya, ternyata gula terdiri dari : a. Gula alami yang terkandung dalam buah-buah (fruktosa) dan juga susu (laktosa). Dan b. Pemanis hasil olahan seperti gula putih, gula merah atau gula buatan seperti aspartam, sakarin dan lainnya. 

Jadi, meskipun kamu ngga makan makanan olahan atau minuman yang mengandung pemanis hasil olahan, kalau kamu makan nasi, buah-buahan atau minum susu, kamu sudah mengkonsumsi gula. 

2# Kelebihan ataupun kekurangan gula bisa bikin diabetes

Ooo.. ternyata bukan hanya kelebihan kadar gula dalam darah saja yang bikin diabetes atau sakit gula loh. Kalau kadar gula kamu terlalu tinggi, yaitu di atas 200 mg/dL itu namanya hiperglikemia. 

Kalau gula darahmu sangat rendah yaitu di bawah 70 mg/dL disebut  hipoglikemia. Jika kamu kekurangan gula darah, tubuh akan lemas dan tidak bertenaga. Ciri-ciri orang yang mengalami hipoglikemia adalah kulit berubah pucat, berkeringat, kelaparan, kelelahan, jantung berdebar, kesemutan di area mulut, gelisah, dan mudah marah . 

3# Pakai pemanis buatan buatan pengganti gula ternyata tidak aman juga

Menurut peneliti dari University of Manitoba di Kanada tersebut menyebutkan bahwa pemanis buatan yang semakin banyak digunakan tersebut berhubungan dengan epidemi obesitas dan beberapa penyakit yang saat ini tengah meningkat. 

Baca juga : Ragam Manfaat Jenis Gula Tambahan

Wah, jadi gimana dong? 

Solusinya menurut saya ya, adalah boleh mengkonsumsi gula tapi sesuai dengan batas aman yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Menurut badan kesehatan AHA (American Heart Association), batas aman konsumsi gula bagi wanita adalah 6 sendok teh per hari atau 25 gram, sedangkan bagi laki-laki adalah 9 sendok teh gula atau 36 gram. 

Sedangkan jika di Indonesia Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa batas konsumsi gula per hari yang disarankan berkisar di 50 gram, atau setara dengan 4 sendok makan, bagi pria maupun wanita.

Nah, kalau kamu sudah tahu batasannya, disarankan juga untuk memilih konsumsi makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran sehingga lebih mudah untuk diproses oleh tubuh. Hindari menambahkan gula dalam susu atau jus buah. Yang pasti, kamu juga harus olahraga selain mengatur pola makan. Selamat hidup sehat ya..

Sumber

Lagi Diet Nih, Ngga Mau Konsumsi Gula Ah.. Benarkah Kalau Kamu Melakukan Ini?