Biarpun Gadget Makin Canggih, Masyarakat Riau Masih Datang Ke Bank

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Utama Bank Riau Kepri (BRK), Irvandi Gustari memprediksikan bahwa kecanggihan teknologi belum mampu mengubah wajah perbankkan di Riau dalam beberapa tahun mendatang.

Bahkan, penggunaan gadget serba canggih yang digadang-gadangkan akan mampu menggantikan fungsi perbankkan. Anggapan ini masih akan menemui banyak kendala. Diantaranya, regulasi serta pemanfaatan teknologi oleh masyarakat yang masih tertinggal.

Yang artinya, jargon masyarakat tidak perlu lagi repot-repot harus pergi ke bank tak serta merta bisa terlaksana dengan mudah.

"Financial Tecnologi (Fintec) ini merupakan bentuk keniscayaan. Di Indonesia sendiri, Fintec ini masih terjadi dua idiolisme antara Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mereka menurut saya tak ada kesepakatan sehingga banyak ketinggalan dari kemajuan Fintec," jelas Irvardi Gustari saat menjadi nara sumber dalam seminar nasional bisnis era digital tantangan dan peluang, Selasa, 5 Desember 2017.

Selain pemerintah, kesalahan itu juga terjadi pada penduduk Indonesia sendiri. "Masalahnya sampai saat ini literasinya hanya 27 sampai 30 persen. Artinya apa iya masyarakat bisa menggunakan gaget untuk melakukan transaksi," imbuhnya.

Selain itu, Riau sampai saat ini masih belum sepenuhnya didukung oleh jaringan berkecepatan tinggi seperti 3G apa lagi 4.5G.

"Di pulau Natuna, Anambas, Lingga, Marendan sinyal itu hilang. Apakah ini bisa menyangkup era digital? Kalau kota besar ia. Sementara penduduk Indonesia ini lebih banyak penduduknya yang tinggal diluar kota," tegasnya.

"Yang saya kesalkan itu ketika kami sudah siap dengan sistem teknologi seperti ini. Ketika saya berada di Tapung, Kampar saja tidak ada sinyal. Kami sudah siap, sementara keadaannya seperti ini," tutupnya.

Seminar Bisnis Era Digital 2017 ini ditaja Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Riau. Acara berlangsung di menara Dang Merdu BRK Pekanbaru dan turut dihadiri Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe 

Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

Sumber

Biarpun Gadget Makin Canggih, Masyarakat Riau Masih Datang ke Bank