Berpotensi Rugi, Pahami Hal Ini Sebelum Investasi

JAKARTA - Dalam beberapa pekan terakhir, investasi mata uang digital telah menjadi perhatian. Pasalnya, mata uang digital seperti bitcoin menjadi pusat perhatian masyarakat dunia. Hal itu juga yang membuat mata uang digital lain, seperti litecoin, dan etherum menjadi momen tertentu dalam pasar.

Meski begitu, tidak semua investasi dapat memberikan keuntungan, ada juga yang berpotensi menimbulkan kerugian. Lalu, bagaimana cara bijak untuk mengantisipasi potensi kerugian bagi Anda yang ingin berinvestasi?

BERITA TERKAIT +

 Baca juga: Jangan Asal Investasi, Cari Tahu Dulu Kelebihan dan Kekurangan Bitcoin!

Menurut Perencana Keuangan Andi Nugroho, cara untuk antisipasi adanya kerugian dari investasi yang kita lakukan adalah dengan memahami karakter Anda dalam menghadapi kerugian berinvestasi.

“Pertama dengan memahami sebenarnya karakter kita dalam menghadapi kerugian itu seperti apa,” ungkap Andi kepada

Okezone.

Kemudian, setelah mengetahui karakter sendiri, langkah selanjutnya adalah menentukan seberapa jauh Anda dapat menerima kerugian dari investasi yang Anda lakukan.

"Apakah Anda tipikal orang yang risk taker, moderat, atau konservatif. Bila sudah tahu karakter kita, maka kita dapat menentukan seberapa jauh kita bisa menerima kerugian,” lanjut Andi.

Baca juga: Uang Habis di Akhir 2017 dan Belum Gajian? Saatnya Lakukan Darurat Hemat!

Berbeda jika karakter Anda adalah risk taker, tentunya Anda akan dapat menerima kerugian bahkan hingga 50% dari modal. “Ada yang baru rugi 10% dari modal sudah tidak bisa tidur. Namun, para risk taker bisa jadi walaupun rugi sampai 50% dari modal tetap tenang-tenang saja,” tambah Andi.

Sementara itu, sebelum berinvestasi terlalu jauh, Anda harus memahami bahwa semua jenis investasi memiliki potensi kerugian.

“Selain itu kita juga harus paham bahwa semua jenis investasi memiliki potensi kerugian, dan itu harus kita pelajari dan pahami sebelum masuk ke dalamnya,” jelas Andi.

(dni)

Sumber

Berpotensi Rugi, Pahami Hal Ini Sebelum Investasi
Sebelum Pilih Asuransi, Cek Dulu Keuntungannya!