BNI Salurkan Kredit UMKM Rp 300 Miliar Lewat PNM

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dalam bidang pembiayaan. Bank berkode saham BBNI ini menyalurkan Rp 300 miliar kredit ke PNM.

Imam Budi Sarjito, Direktur Kepatuhan BNI bilang pembiayaan ini bersifat revolving atau bergulir. "Sehingga dapat menyentuh banyak orang," kata Imam dalam acara penandatangan kerjasama dengan PNM, Selasa (28/11).

BACA JUGA :

Kerja sama BNI dan PNM dimulai sejak tahun 2007 menyepakati pembiayaan UMKM sebesar Rp 750 miliar. Saat ini, sudah 15.000 debitur menerima pembiayaan BNI dan PNM ini. Sebagai kelanjutan, pada November 2017, BNI kembali menyalurkan kredit melalui PNM sebesar Rp 300 miliar secara bertahap.

Pada tahap awal sebesar Rp 150 miliar yang merupakan penyaluran kredit Tahap ke-7 dari total komitmen kredit senilai Rp 750 miliar. Ke depan menurut Imam BNI akan terus menigkatkan pembiayaan UMKM. Terkait pembiayaan UMKM BNI mempunyai dua strategi yaitu langsung dan tidak langsung.

Penyaluran kredit langsung dilakukan ke debitur yang bersangkutan. Sedangkan pembiayaan tidak langsung melalui lembaga keuangan bank seperti BPR dan non bank seperti PNM.

Sebagai gambaran penyaluran kredit UMKM melali PNM dilakukan dengan dua produk yaitu UlaMM dan Mekaar PNM.

ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil yang disertai bimbingan untuk mengembangkan usahanya. Pembiayaan ULaMM dilakukan secara langsung baik kepada perorangan atau pinjaman untuk Badan Usaha.

Sedangkan Mekaar disiapkan untuk memberikan layanan bagi wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Total kredit yang telah dikucurkan BNI ke PNM hingga saat ini telah mencapai Rp 1,27 triliun. Selain pembaiayan UMKM, kerjasama BNI dan PNM juga terkait pengelolaan pembiayaan gaji karyawan PNM dan anak usaha.

BNI juga menyiapkan berbagai produk pinjaman konsumer yang cocok untuk para karyawan PNM, mulai dari kredit kepemilikan rumah, kredit multiguna, kredit tanpa agunan, hingga kartu kredit.

Sumber

BNI salurkan kredit UMKM Rp 300 miliar lewat PNM
BNI Salurkan Kredit Rp 300 Miliar ke UMKM Melalui PNM
Sebelum Ditetapkan Menjadi Tersangka Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Manggung Bareng Dewa 19