60 Juta Pengguna Kartu SIM Prabayar Teregistrasi

Dia menambahkan, optimisme tercapainya target seluruh nomor terdaftar juga dibarengi dengan jaminan keamanan data yang diberikan pemerintah. Sebagaimana diketahui, operator seluler harus menerapkan standar keamanan data dengan ISO/IEC 27001:2005 yang mengatur tentang teknologi informasi dan manajemen sistem keamanan data informasi.

“Dengan keberhasilan program registrasi nomor prabayar ini, maka Kementerian Kominfo akan semakin memperkuat pengendalian penyalahgunaan nomor pelanggan yang tentu kami akan bekerja sama dengan Kepolisian dalam pengendalian dan penanganannya,” tegas Ramli.

Ramli terus mengingatkan kepada pengguna yang belum melakukan registrasi agar segera meregistrasi kartu seluler prabayarnya. Sebab kalau tidak melakukan registrasi, ancaman pemblokiran akan segera dilakukan oleh penyedia jasa telekomunikasi yang bersangkutan.

Mekanismenya, pada tahap awal, jika hingga 28 Februari 2018 pelanggan belum melakukan registrasi, pemerintah masih memberikan masa tenggang selama 30 hari. Selama masa tenggang itu, apabila pelanggan belum juga melakukan pendaftaran, pertama-tama pemerintah akan memblokir layanan panggilan keluar (outgoing call) dan SMS.

Setelah itu, apabila 15 hari setelahnya pelanggan juga masih belum mendaftar, layanan kedua yang akan diblokir adalah panggilan masuk (incoming call) dan SMS. Nantinya, hanya paket internet yang akan aktif selama 15 hari.

Ramli juga menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Dalam Negeri dan Ditjen Dukcapil yang telah memfasilitasi akses verifikasi registrasi kartu seluler prabayar. Sebab kelancaran ini menunjukan kolaborasi positif dua kementerian dalam melakukan pelayanan publik sekaligus kenyamanan dan keamanan pelanggan dalam memanfaatkan jasa telekomunikasi.

(ryn/JPC)

Sumber

Batas Waktu Mendekat, Ayo Registrasi Ulang Kartu SIM Sebelum Diblokir!
Batas Akhir Makin Dekat, Registrasi Ulang SIM Card Tembus 226 Juta
Awas, registrasi kartu SIM mepet deadline ada risikonya
Catat, Ini Risiko Jika Kamu Registrasi Kartu SIM Jelang Deadline
Paket Data Murah Bisa Cegah Kebiasaan Pakai-Buang SIM Card