5 Tips Menemukan Tempat Belanja Murah Saat Berlibur

JAKARTA - Bagi sebagian orang, berlibur merupakan agenda wajib yang direncakan untuk menyegarkan pikiran dan fisik dari segala kegiatan dan pekerjaan yang terkadang membuat kita jenuh. Karena kegiatan liburan juga membutuhkan biaya, tak heran jika banyak orang yang berkorban untuk menyisihkan pemasukan yang dimilikinya sebagai biaya travelling.

Meskipun waktu berlibur yang Anda rencanakan masih jauh, penting untuk mengatur keuangan sedini mungkin agar kegiatan berlibur Anda bebas dari hambatan. Mengatur keuangan untuk liburan juga akan membuat budget yang dimiliki sudah pasti yang mana nantinya membuat perjalanan berlibur lancar dan aman terkendali. Nah, bagi para >traveller

, berikut ini trik jitu mengelola keuangan agar dapat sering berlibur.

BERITA TERKAIT +

1. Langsung Menyisihkan Gaji di Awal

Jika memang memiliki niat yang kuat untuk berlibur, tentunya komitmen untuk menabung harus kuat dimiliki. Untuk itulah, ada baiknya segera sisihkan pemasukan Anda di awal bulan.

Setidaknya, sisihkan 10% pemasukan ke dalam tabungan khusus untuk liburan setiap bulannya. Dengan begitu, menabung lebih mudah dan tidak terhambat karena kebutuhan lainnya. Pemisahan rekening ini juga menghindarkan dari risiko penggunaan kebutuhan sehari-hari.

2. Buatlah Rencana Perjalanan

Membuat anggaran, rencana perjalanan, dan menabung tentunya harus dilakukan bersama-sama. Dengan membuat >rencana perjalanan liburan

nantinya, Anda bisa langsung membuat daftar rencana pengeluaran selama berlibur.

Jika sudah membuatnya, tentu akan mengetahui perkiraan uang yang dibutuhkan. Dengan begitu, nantinya lebih mudah dalam menabung dan memperkirakan apakah liburan tersebut dapat dilaksanakan dalam waktu dekat.

3. Beli Tiket Pesawat Saat Promosi

Salah satu pos pengeluaran yang cukup besar dalam liburan adalah biaya transportasi. Tiket pesawat yang didapatkan akan menentukan apakah Anda bisa melakukan penghematan selama berlibur, baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk itu, Anda bisa menyiasatinya dengan membeli tiket pesawat ketika sedang promosi. Biasanya harga tiket akan jauh lebih murah, bahkan hingga 50-60%. Biasanya promosi-promosi ini sering dilakukan situs-situs booking online.

4. Carilah Penginapan yang Murah

Trik keuangan lainnya yang perlu diterapkan saat berlibur adalah dengan mencari penginapan yang murah dan sesuai budget. Hal ini akan sangat menghemat pengeluaran berlibur nantinya. Untuk itu, buatlah dari awal perincian budget hotel atau penginapan.

Misalnya, Anda memberikan budget Rp350.000 ribu untuk penginapan satu harinya. Anda harus mencari hotel dengan budget seperti yang direncanakan. Anda juga bisa memanfaatkan promo diskon yang seringkali terdapat pada situs-situs online untuk mendapatkan harga terbaik.

5. Cari Tempat Wisata yang Gratis

Ingin membuat liburan lebih hemat lagi? Anda bisa mencoba untuk mengatur keuangan dengan cara mencari tempat-tempat wisata yang gratis di kota atau negara yang akan dituju tersebut. Saat ini tidak sulit untuk menemukan wisata-wisata yang gratis, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Anda bisa mencarinya melalui rekomendasi yang tersebar luas di internet. Tempat wisata murah dan gratis sebenarnya sangat banyak, tapi perlu cukup jeli mencarinya. Meskipun gratis, bukan berarti jika wisata-wisata ini tidak layak untuk dikunjungi.

6. Membeli Tiket Wisata secara Online

Saat ini semua dilakukan secara online, bahkan untuk membeli tiket wisata sekalipun. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membeli tiket-tiket wisata di berbagai kota ataupun negara dengan harga yang jauh lebih murah. Menghemat biaya pengeluaran untuk tiket wisata tentunya juga akan semakin membuat liburan Anda murah meriah.

7. Manfaatkan Promo Turis

Jika Anda berniat untuk berlibur ala backpacker yang murah meriah, Anda bisa mencoba mencari informasi sebanyak mungkin tentang promosi-promosi yang biasanya ditawarkan untuk turis. Promosi-promosi ini tentunya akan sangat menguntungkan saat berlibur.

Bahkan, beberapa kota atau negara menyediakan transportasi semisal bus gratis untuk wisatawan yang datang berlibur. Untuk itu sebelum berlibur, carilah informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang akan Anda kunjungi.

Liburan Murah Meriah dan Menyenangkan

Mengatur keuangan akan sangat bermanfaat untuk rencana liburan yang sudah dibuat. Dengan rencana keuangan yang baik, pengeluaran untuk liburan dapat dihemat sedemikian mungkin. Meskipun begitu, liburan tetap akan menyenangkan dan murah meriah.

(ris)

Sumber

Ini Cara Atur Uang Buat Para Traveller agar Bisa Sering Melancong
Resolusi 2018 Lebih Produktif, Simak 5 Cara Mudah Ini
Lebih Produktif Setiap Hari dengan 5 Cara Sederhana Ini