5 Tips Belanja Cerdas Untuk Menghemat Uang

JAKARTA - Setiap pergantian tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Akan tetapi selain ditunggu akhir tahun juga banyak menyedot keuangan kita. Banyak kebutuhan akhir tahun yang terkadang menjadi hal yang perlu diperhatikan. Seperti kebutuhan berlibur atau juga karena libur panjang sehingga kita menyempatkan waktu untuk berbenah rumah. Dan masih banyak lagi hal yang perlu untuk dilakukan di akhir tahun. Oleh karena itu agar kita tetap bisa mempunyai anggaran akhir tahun, kita perlu melakukan perubahan atau penataan ulang terhadap keuangan.

Beberapa cara yang mungkin jarang sekali kita perhatikan dan terkesan sepele ternyata banyak menyedot anggaran bulanan sehingga kita akan mempunyai sedikit cadangan untuk kebutuhan ekstra kita di akhir tahun. Kita dapat memulai dengan beberapa cara yang bisa membantu menghemat pengeluaran bulanan.

BERITA TERKAIT +

1. Mengurangi Pergi ke Salon

Bagi Anda kaum hawa, merawat tubuh tentunya adalah hal yang lumrah dan wajar. Akan tetapi kita juga harus mengingat bahwa untuk merawat tubuh juga bisa dengan cara yang lebih hemat. Dengan pergi ke salon satu dan ganti ke salon lainnya tentunya merupakan eksplorasi yang mempunyai daya tarik tersendiri bagi kaum hawa. Akan tetapi mengurangi untuk pergi ke salon dan mencoba untuk melakukan perawatan sendiri adalah hal yang bisa dilakukan. Selain mengeluarkan banyak uang, pergi ke salon juga membuat kita akan sedikit lupa atau kurang mengenal terhadap diri sendiri. Dengan perawatan sendiri, tentunya akan membuat kita menjadi tahu dan paham akan kondisi tubuh kita, selain juga menghemat.

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan kartu kredit memang sesuatu yang menyenangkan, apalagi dengan segudang promo yang diberikan. Itu memberikan manfaat tersendiri bagi kita. Namun kita perlu mengingat bahwa menggunakan kartu kredit bukan berarti tanpa konsekuensi. Nilai beban bunga yang diberikan oleh kartu kredit akan banyak membawa dampak ke depan bagi keuangan kita. Selain menambah beban. Belanja dengan kartu kredit terkadang membuat kita lepas kontrol dan lupa akan jumlah beban pada bulan berikutnya.

Hal inilah yang akan menjadi beban keuangan dan sering menjadi penyebab terjadinya masalah keuangan. Untuk itu alangkah baiknya jika kita menggunakan pengganti kartu kredit dengan kartu debit. Walaupun memang terkadang tidak semua promo menggiurkan seputar belanja diberikan untuk pengguna kartu debit. Akan tetapi, hal ini adalah hal yang aman agar kita dapat menabung dan mempunyai dana yang cukup di akhir tahun.

3. Menghemat Pengeluaran di Sisi Makanan

Mengemat makanan dan minuman bukan berarti kita mengurangi minum dan konsumsi makan. Hal ini dimaksudkan agar menghemat membeli jajanan. Ada baiknya kita membawa bekal saat di kantor dan juga mengurangi membeli makanan ringan dan makan di luar. Kita bisa mengurangi frekuensinya untuk tidak makan dan minum di luar sesering biasanya. Dengan begitu anggaran kita juga akan banyak berkurang dan membantu untuk menabung dan mendapatkan banyak simpanan di akhir tahun.

4. Hemat Penggunaan Listrik

Tahun ini tarif dasar listrik kembali mengalami peningkatan. Sehingga kita harus lebih hati-hati lagi dalam menggunakan alat-alat listrik rumah tangga. Ketahuilah bahwa alat-alat listrik yang mengandung panas mempunyai daya yang cukup tinggi sehingga akan memberi peran lebih banyak untuk kenaikan tagihan listrik bulanan.

Cobalah untuk lebih menghemat penggunaan listrik. Matikan benda-benda elektronik yang sudah tidak dipakai. Seperti lampu, kipas angin, AC, atau yang lainnya

5. Gunakan Uang Tunai

Cara yang satu ini terbukti dapat menghemat selagi kita akan berbelanja. Cobalah untuk membawa uang secukupnya apabila kita akan pergi belanja. Hindari untuk membeli barang-barang yang sifatnya bersifat kesenangan belaka. Padahal kita jarang sekali membutuhkannya.

6. Jual Barang Tak Terpakai

Menjual barang yang tak terpakai adalah salah satu cara agar hemat. Betapa tidak, selain akan menjadi sampah yang menumpuk dan menjadikan rumah kotor, barang yang tidak terpakai akan lebih bermanfaat jika dijual dan hasilnya di tabung.

Sedikit-sedikit Lama-lama Menjadi Bukit

Dengan menghemat banyak kebutuhan dan menggantikan dengan yang lebih efektif. Kita dapat menabung untuk kebutuhan ekstra tahunan kita. Bukankah menabung adalah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Demikian juga sebaliknya pengeluaran tidak akan terasa, sedikit demi sedikit lama-lama menjulang selangit beban kita.

(rzk)

Sumber

Cara Ini Bisa Buat Tabungan "Menggunung", Kurangi ke Salon hingga Jual Barang Tak Terpakai
5 Tips Menemukan Tempat Belanja Murah Saat Berlibur
Jenis Asuransi yang Penting untuk Dimiliki